Setelah mendapat respon yang sangat baik kemarin, hari ini aku, Priya, dan Kica dengan penuh semangat menuju SDN Cijaha. Kami akan kembali mengajar Matematika. Hari ini kami akan mengajar dua kelas, yaitu kelas VI dan kelas V.
Saat jarum jam menunjukkan pukul 07.30 WIB, kami tiba di ruang guru. Kami kemudian berbincang-bincang sejenak dengan guru-guru yang masih berada di sana. Kami belum menuju ke kelas karena kami baru mengajar di kelas VI pada pukul 08.30 WIB. Kami kemudian membantu salah satu guru mengisi nilai-nilai siswanya. Kebetulan nilai yang dimasukkan adalah nilai anak kelas VI. Dari sini aku dan Priya memperhatikan nama anak-anak yang agak bermasalah dengan Matematika. Kami berdua memutuskan untuk memberikan perhatian lebih kepada anak-anak tersebut. Hal ini juga kami sampaikan kepada Kica.
foto 1: tersenyum penuh semangat sebelum mengajar
Tak terasa waktu untuk memulai pelajaran pun telah tiba. Kami bergegas menuju ruang kelas VI. Kami disambut baik oleh mereka. Langsung saja kami me-review materi yang telah kami berikan kemarin. Kami memberikan beberapa soal latihan. Sesuai dengan rencana kami, kami memeriksa satu persatu jawaban dari setiap anak. Mengecek siapa yang telah mengerti dengan baik dan siapa yang belum, khususnya nama-nama yang memang telah kami tandai. Kami kemudian menemukan beberapa anak yang menghadapi masalah. Ada beberapa hal yang belum dia mengerti, tapi tidak berani ia tanyakan. Kami pun membagi diri, ada yang menjelaskan secara general dan ada yang langsung pada murid yang menghadapi masalah. Akhirnya, saat kami memberikan soal latihan lagi di akhir jam pelajaran, mereka semua mampu menjawab dengan baik. Semoga mereka benar-benar memahami materi yang diberikan sehingga saat ujian nasional mereka mampu menghadapinya dengan baik, khususnya soal yang terkait dengan materi yang kami berikan, penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran.
Ting.. ting.. ting.. bel berdentang tanda istirahat. Saatnya kami mengakhiri materi kami. Kamipun berpamitan dengan anak kelas VI.
foto 2: murid-murid kelas VI yang sedang belajar Matematika :)
Ting.. ting.. ting.. bel kembali berdenting. Tanda waktu istirahat telah selesai. Saatnya kami kembali mengajar. Kali ini aku mengajar bersama dengan Priya saja. Kica membantu Dezan dan Vica mengajar PPKn di kelas VI.
Aku dan Priya menuju kelas V. Kami sangat penasaran dengan karakter anak-anak kelas V, apakah mirip dengan kelas VI atau tidak.
Seperti biasa, kami memulai pelajaran dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu dan meminta mereka memperkenalkan diri juga. Murid-murid kelas V ternyata sangat aktif dan bersemangat. Hmm... pertanda baik. :)
Kami kemudian memulai pelajaran Matematika (Matematika lagi??? Ya, Matematika lagi. Karena aku hanya mau mengajar mata pelajaran tersebut. Yang lain? No, thanks). Hari ini kami memberikan materi tentang mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal. Tak jauh berbeda dengan kelas VI, mereka anak-anak yang cerdas. Namun, di kelas ini yang lebih menonjol nampaknya anak-anak putri. Diantaranya ada Teguh, Nisa, Laras, Pina, dan Ani. Kami kemudian mengakhiri materi dengan memberikan mereka tugas. Semoga dengan tugas ini, mendorong mereka untuk belajar kembali di rumah, khususnya anak-anak putra. :)
foto 3: suasana belajar mengajar di kelas V
foto 4: murid-murid kelas V yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar